Taman Sari
Kolam Pemandian Umbul Binangun, Taman Sari Yogyakarta, Umbul Pasiraman atau ada yang menyebut Umbul Binangun ( dalam bahasa jawa Umbul Winangun ) . Merupakan kolam pemandian bagi Sultan, Permaisuri, Para Istri ( garwa ampil ) serta para putri-putri Raja. Komplek ini dikelilingi oleh tembok yang tinggi. Untuk sampai ke dalam tempat ini,disediakan dua buah gerbang , satu disisi timur dan satu disisi barat. Di dalam gerbang ini terdapat jenjang yang menurun.
Di komplek Umbul Pasiraman,terdapat tiga buah kolam yang dihiasi mata air berbentuk jamur. Disekeliling kolam terdapat pot bunga raksasa. Selain banguna juga terdapat bangunan di sisi utara, dan ditengah sebelah selatan.

Bangunan di sisi utara merupakan bangunan tempat beristirahat dan berganti pakaian dari para istri .
Disebelah selatan terdapat sebuah kolam yang disebut Blumbang Kuras. Di selatan blumbang kuras terdapat menara dibagian tengahnya. Bangunan sayap barat merupakan tempat berganti pakaian dan sayap timur untuk istirahat. Sultan. Di selatan bangunan tersebut terdapat kolam, yang disebut Umbul Binangun. Sebuah kolam yang dikhususkan hanya untuk Sultan dan Permaisurinya saja. Pada jamannya selain Sultan, hanyalah para perempuan yang diijinkan untuk masuk ke komplek ini. 

Komentar